PENTINGNYA
KEY PERFORMANCE INDICATOR ( KPI )
SEBAGAI
TOLAK UKUR EVALUASI KINERJA KARYAWAN
Deby
Dona Fransiska
Email
: debfransica@gmail.com
Mahasiswi
Program Studi Akuntansi keuangan Publik , Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka
ABSTRAK
Key Peformance Indicator adalah alat ukur untuk
menunjukkan seberapa efektif suatu perusahaan mencapai tujuan . Indikator
secara khusus membantu menentukan pencapaian strategis , keuangan dan
operasional perusahaan.
Sebagai karyawan suatu perusahaan sudah seharusnya
melaksanakan tugas dan tanggung jawab
yang telah diberikan perusahaan. Untuk itu diperlukan suatu alat ukur
untuk menentukan sejauh mana karyawan telah melaksanakan kinerja dengam baik,
efisien dan efektif.
Tujuan pelulisan makalah ini adalah untuk
menganalisa sejauh mana Key Performance Indicator berperan terhadap pencapaian
tujuan , misi , visi suatu organisasi .
Kata Kunci : Key Performance Indicator, Kinerja
Karyawan , Evaluasi Kinerja
PENDAHULUAN
Sumber
daya manusia (SDM) atau tenaga kerja merupakan aset utama dalam sebuah
organisasi, perlu perlakuan khusus dalam pengelolaan tenaga kerja karena
dasarnya adalah tenaga kerja dapat mempengaruhi eksistensi organisasi dimasa
yang akan datang. Pengelolaan tenaga kerja yang baik akan mampu menciptakan
suasana kerja yang optimal dalam rangka mewujudkan produktifitas tenaga kerja
dalam perusahaan.
Dalam
sebuah perusahaan itu sangat krusial adanya Manajemen Pengawasan yang berwenang
untuk Melakukan pengawasan terhadap kegiatan operasional sebuah perusahaan.
Yang nanti nya menjadi patokan sebuah perusahaan tersebut baik atau tidak.
Manajemen Pengawasan juga tidak kalah penting dibutuhkan peranan nya di dalam
perusahaan , yang dimana kepemilikan perusahaan dimiliki mayoritas oleh Negara.
Untuk itulah, agar perusahaan dapat berkontribusi, perlu nya tata Kelola
perusahaan yang Baik. Termasuk di dalam hal Semangat karyawan dalam bekerja,
Perencanaan, Kemampuan Karyawan agar terciptanya kinerja yang sesuai dengan
tujuan perusahaan.
Kinerja Karyawan merupakan
suatu hasil yang dicapai oleh karyawan suatu perusahaan dalam melakukan
pekerjaan menurut kriteria tertentu sesuai dengan tugas dan tanggung jawan yang
disediakan suatu perusahaan .
Dengan kinerja yang
baik maka setiap karyawan dapat menyelesaikan semua beban perusahaan . kinerja
juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pekerjaan oleh
karyawan yang pada akhirnya akan menguntungkan perusahaan .
Kinerja karyawan pada
dasarnya dapat dilihat dari 2 persepsi , seperti kinerja karyawan sebagai
individu , maupun kinerja sebagai organisasi . kinerja merupakan gambaran
mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan tugas dalam suatu perusahaan dalam
mewujudkan sasaran , tujuan , misi , visi perusahaan.
Untuk mengetahui
karyawan telah melaksanakan kinerja dengan baik dan sesuai standar operasional
perusahaan , maka diperlukan suatu tolak ukur atau indikator. Pengukuran ini
diperlukan untuk mengetahui hasil kinerja setiap karyawan. Selain itu
pengukuran kinerja juga dimaksudkan untuk dapat memberikan motivasi kepada
karyawan agar lebih produktif untuk perusahaan .
Penilaian kinerja
merupakan upaya yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang telah berkeja
sesuai dengan standar , pada saat yang sama karyawan juga ingin mendapatkan
feedback dari atasan atau perusahaan bagaimana kinerja mereka diperusahaan
sebagai pedoman bagi tindakan – tindakan karyawan untuk masa yang akan datang .
( Fajar Nur’aini DF , 2017 )
Untuk melakukan
penilaian , diperlukan Key Performance Indicator ( KPI ) sebagai alat ukur.
Suatu perusahaan hendaknya menentukan dan menyusun KPI sesuai dengan tujuan
yang ingin dicapai perusahaan . Bebarapa lamgkah yang dilakukan untuk
menentukan KPI seperti Membuat rencana kerja dan tujuan perusahaan , memilih
indikator kinerja yang relevan terhadapt keberhasilan pelaksanaan, dan
mengevaluasi pencapaian sesuai dengan manajemen kinerja yang ditentukan .
manajemen kinerja merupakan proses berkesinambungan dari perencanaan ,
pemantauan , dan peninjuan kinerja karyawan .
( A.S Budiarto , 2017 )
Menurut Josua Manurung
( 2022 ) pada artikel berjudul “ 5 manfaat KPI untuk kinerja karyawan “
menyebutkan , Jika bagi perusahaan KPI adalah alat ukur kinerja karyawan , maka
bagi karyawan KPI adalah tujuan kerja yang harus dicapai . dengan adanya KPI
tanggung jawab setiap karyawan akan menjadi lebih jelas dan perusahaan akan
dengan mudah mengukur kinerja karyawan .
Untuk itu perusahaan
memilih dan menentukan KPI dengan relevan dan dapat dijangkau dan dicapai oleh
karyawan . Pemilihan KPI harus dilakukan secara cermat untuk mencerminkan
indikator kinerja kunci yang sesuai sasaran strategis dan Critical Success
Factor Organisasi . Indikator Kinerja yang terpilih juga harus
mengimplementasikan dalam kegiatan perusahaan , divisi serta aktivitas individu
( Arini T. Soemohadiwidjojo , 2015 ) .
METODE
Data
yang digunakan dalam menganalisa pencapaian kinerja karyawan telah sesuai
standar prosedur perusahaan adalah data yang dapat diambil pada bagian divisi
per karyawan pada perusahaan . sebagai contoh jika suatu perusahaan menentukan
absensi kehadiran sebagai salah satu KPI yang wajib untuk diukur untuk
menentukan kedisiplinan karyawan , maka data absensi bisa menjadi tolak ukur
apakah karyawan telah mencapai KPI yang sesuai.
Bebarapa
KPI yang diterapkan pada perusahaan contohnya pencapaian penjualan pada divisi
sales dan marketing . Pencapaian omzet penjualan yang menjadi tujuan karyawan
menjadi tolak ukur KPI. Karyawan yang tidak mencapai penjualan sesuai target
yang ditentukan berarti tidak mencapai KPI perusahaan sesuai data yang
disajikan pada divisi tersebut.
Kriteria
yang menjadi penentu tercapainya KPI kinerja karyawan perusahaan dihasilkan
dari tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan , dimana kriteria
ini menjadi tanggung jawab karyawan untuk mencapainya .
HASIL
DAN PEMBAHASAN
Dari
hasil pembahasan dapat disumpulkan bahwa KPI sangan berpengaruh pada pencapaian
dan tujuan suatu perusahaan . untuk mewujudkan perusahaan yang berkembang
kearah yang lebih baik , menjadikan perusahaan bertumbuh menjadi perusahaan
yang lebih besar, diperlukan suatu sasaran , tujuan , visi, misi yang jelas .
Untuk
mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan perusahaan , diperlukan adanyan
tolak ukur apakah tujuan telah dircapai sesuai keinginan atau tidak. KPI
berperan penting dalam menentukan pencapaian tersebut.
Jika
bagi perusahaan KPI adalah alat ukur kinerja karyawan , maka bagi karyawan KPI
adalah tujuan kerja yang harus dicapai . dengan adanya KPI tanggung jawab
setiap karyawan akan menjadi lebih jelas dan perusahaan akan dengan mudah
mengukur kinerja karyawan . hasil KPI dapat dijadikan bahan acuan untuk
memberikan penghargaan atau punishment kepada karyawan sesuai dengan ketentuan
yang telah disepakai bersama antar pihak perusahaan dan karyawan .
Beberapa
faktor penentu keberhasilan KPI suatu perusahaan seperti kerja sama antara
pimpinan dan karyawan , pengingkatan kinerja , membuat strategi yang solid .(
A. Saraswati , 2017 ) .
SIMPULAN
Berdasarkan
hasil analisis Pentingnya Key Performance Indicator ( KPI ) sebagi tolak ukur
evaluasi Kinerja Karyawan, dapat disimpulkan bahwa KPI merupakan alat ukur yang
penting untuk tercapainya suatu tujaun perusahaan .
KPI
digunakan perusahaan untuk menentukan sejauh mana karyawan mencapai sasaran
yang ditetapkan perusahaan , dan bagi karyawan KPI adalah suatu tanggung jawab
yang harus dilaksanakan untuk kemajuan individu dan perusahaan .
Proses
penentuan KPI yang akan menjadi tolak ukur ditentukan dan dipilih oleh
perusahaan sesuai dengan tujuan ,
sasaran , visi , misi perusahaan dan harus disetujui oleh karyawan . KPI harus
bersifat relevan , efisien , efektif dan terukur .
Jika
perusahaan tidak memiliki pengukuran kinerja , hal tersebut dapat berdampak
buruk bagi perusahaan karna tidak adanya bahan evaluasi untuk memperbaiki
kinerja perusahaab terutama pada bagian sumber daya manusia .
DAFTAR
PUSTAKA
Soemohadiwidjojo, A. T. (2015). Panduan Praktis Menyusun KPI.
Raih Asa Sukses.
Budiarto, A. S. (2017). KPI: Key Performance Indicator. Huta
Publisher.
Manurung , Josua ( 2022 ) . 5 manfaat KPI untuk Kinerja Karyawan
Fatimah, Fajar Nur’aini Dwi. Panduan Praktis Evaluasi Kinerja
Karyawan. Anak Hebat Indonesia, 2017.
Saraswati, A. Step by Step Lancar Membuat KPI. Penerbit
Genesis Learning, 2017.
Yeremia, Beni. "Teori Penilaian Pengukuran Kinerja
Karyawan." Jurnal Pusdansi 2.4 (2023).
Adnin, Safira . ( 2023 ) .KPI ( Key Performance Indicator ) : Pengertian
, Jenis , Contoh , dan Cara Membuatnya .
Dwinda , Anggita . ( 2021 ) . Kenapa KPI itu Penting ?
Kanis, Tasya . ( 2022 ) . Key Performance Indicator ( KPI ) : Arti ,
Jenis dan Cara Membuatnya
Akbar, Surya. "Analisa Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja
karyawan." Jiaganis 3.1 (2018).
Kinanti, Winda Ayu, and Nunung Nurhasanah. "Usulan Perancangan Key
Performance Indicator (KPI) dengan Konsep Green HRM menggunakan Perspektif
Performance Prism dan Metode AHP pada Waris Cafe." Jurnal Al-Azhar
Indonesia Seri Sains dan Teknologi 5.2 (2019): 70-78.
Chantica, Jessy Angelliza, Regita Cahyani, and Achmad Romadhon.
"Peranan Manajemen Pengawasan: Komitmen, Perencanaan, Kemampuan Karyawan
(Literature Review Msdm)." Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3.3
(2022): 247-256.
Komentar
Posting Komentar