PENTINGNYA KEY PERFORMANCE INDICATOR ( KPI )

SEBAGAI TOLAK UKUR EVALUASI KINERJA KARYAWAN

 

Deby Dona Fransiska

Email : debfransica@gmail.com

Mahasiswi Program Studi Akuntansi keuangan Publik , Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka

 

ABSTRAK

Key Peformance Indicator adalah alat ukur untuk menunjukkan seberapa efektif suatu perusahaan mencapai tujuan . Indikator secara khusus membantu menentukan pencapaian strategis , keuangan dan operasional perusahaan.

Sebagai karyawan suatu perusahaan sudah seharusnya melaksanakan tugas dan tanggung jawab  yang telah diberikan perusahaan. Untuk itu diperlukan suatu alat ukur untuk menentukan sejauh mana karyawan telah melaksanakan kinerja dengam baik, efisien dan efektif.

Tujuan pelulisan makalah ini adalah untuk menganalisa sejauh mana Key Performance Indicator berperan terhadap pencapaian tujuan , misi , visi suatu organisasi .

 

Kata Kunci : Key Performance Indicator, Kinerja Karyawan , Evaluasi Kinerja

 

PENDAHULUAN

Sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja merupakan aset utama dalam sebuah organisasi, perlu perlakuan khusus dalam pengelolaan tenaga kerja karena dasarnya adalah tenaga kerja dapat mempengaruhi eksistensi organisasi dimasa yang akan datang. Pengelolaan tenaga kerja yang baik akan mampu menciptakan suasana kerja yang optimal dalam rangka mewujudkan produktifitas tenaga kerja dalam perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan itu sangat krusial adanya Manajemen Pengawasan yang berwenang untuk Melakukan pengawasan terhadap kegiatan operasional sebuah perusahaan. Yang nanti nya menjadi patokan sebuah perusahaan tersebut baik atau tidak. Manajemen Pengawasan juga tidak kalah penting dibutuhkan peranan nya di dalam perusahaan , yang dimana kepemilikan perusahaan dimiliki mayoritas oleh Negara. Untuk itulah, agar perusahaan dapat berkontribusi, perlu nya tata Kelola perusahaan yang Baik. Termasuk di dalam hal Semangat karyawan dalam bekerja, Perencanaan, Kemampuan Karyawan agar terciptanya kinerja yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Kinerja Karyawan merupakan suatu hasil yang dicapai oleh karyawan suatu perusahaan dalam melakukan pekerjaan menurut kriteria tertentu sesuai dengan tugas dan tanggung jawan yang disediakan suatu perusahaan .

Dengan kinerja yang baik maka setiap karyawan dapat menyelesaikan semua beban perusahaan . kinerja juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pekerjaan oleh karyawan yang pada akhirnya akan menguntungkan perusahaan .

Kinerja karyawan pada dasarnya dapat dilihat dari 2 persepsi , seperti kinerja karyawan sebagai individu , maupun kinerja sebagai organisasi . kinerja merupakan gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan tugas dalam suatu perusahaan dalam mewujudkan sasaran , tujuan , misi , visi perusahaan.

Untuk mengetahui karyawan telah melaksanakan kinerja dengan baik dan sesuai standar operasional perusahaan , maka diperlukan suatu tolak ukur atau indikator. Pengukuran ini diperlukan untuk mengetahui hasil kinerja setiap karyawan. Selain itu pengukuran kinerja juga dimaksudkan untuk dapat memberikan motivasi kepada karyawan agar lebih produktif untuk perusahaan .

Penilaian kinerja merupakan upaya yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang telah berkeja sesuai dengan standar , pada saat yang sama karyawan juga ingin mendapatkan feedback dari atasan atau perusahaan bagaimana kinerja mereka diperusahaan sebagai pedoman bagi tindakan – tindakan karyawan untuk masa yang akan datang . ( Fajar Nur’aini DF , 2017 )

Untuk melakukan penilaian , diperlukan Key Performance Indicator ( KPI ) sebagai alat ukur. Suatu perusahaan hendaknya menentukan dan menyusun KPI sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan . Bebarapa lamgkah yang dilakukan untuk menentukan KPI seperti Membuat rencana kerja dan tujuan perusahaan , memilih indikator kinerja yang relevan terhadapt keberhasilan pelaksanaan, dan mengevaluasi pencapaian sesuai dengan manajemen kinerja yang ditentukan . manajemen kinerja merupakan proses berkesinambungan dari perencanaan , pemantauan , dan peninjuan kinerja karyawan .  ( A.S Budiarto , 2017 )

Menurut Josua Manurung ( 2022 ) pada artikel berjudul “ 5 manfaat KPI untuk kinerja karyawan “ menyebutkan , Jika bagi perusahaan KPI adalah alat ukur kinerja karyawan , maka bagi karyawan KPI adalah tujuan kerja yang harus dicapai . dengan adanya KPI tanggung jawab setiap karyawan akan menjadi lebih jelas dan perusahaan akan dengan mudah mengukur kinerja karyawan .

Untuk itu perusahaan memilih dan menentukan KPI dengan relevan dan dapat dijangkau dan dicapai oleh karyawan . Pemilihan KPI harus dilakukan secara cermat untuk mencerminkan indikator kinerja kunci yang sesuai sasaran strategis dan Critical Success Factor Organisasi . Indikator Kinerja yang terpilih juga harus mengimplementasikan dalam kegiatan perusahaan , divisi serta aktivitas individu ( Arini T. Soemohadiwidjojo , 2015 ) .

 

METODE

                Data yang digunakan dalam menganalisa pencapaian kinerja karyawan telah sesuai standar prosedur perusahaan adalah data yang dapat diambil pada bagian divisi per karyawan pada perusahaan . sebagai contoh jika suatu perusahaan menentukan absensi kehadiran sebagai salah satu KPI yang wajib untuk diukur untuk menentukan kedisiplinan karyawan , maka data absensi bisa menjadi tolak ukur apakah karyawan telah mencapai KPI yang sesuai.

            Bebarapa KPI yang diterapkan pada perusahaan contohnya pencapaian penjualan pada divisi sales dan marketing . Pencapaian omzet penjualan yang menjadi tujuan karyawan menjadi tolak ukur KPI. Karyawan yang tidak mencapai penjualan sesuai target yang ditentukan berarti tidak mencapai KPI perusahaan sesuai data yang disajikan pada divisi tersebut.

            Kriteria yang menjadi penentu tercapainya KPI kinerja karyawan perusahaan dihasilkan dari tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan , dimana kriteria ini menjadi tanggung jawab karyawan untuk mencapainya .

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

                Dari hasil pembahasan dapat disumpulkan bahwa KPI sangan berpengaruh pada pencapaian dan tujuan suatu perusahaan . untuk mewujudkan perusahaan yang berkembang kearah yang lebih baik , menjadikan perusahaan bertumbuh menjadi perusahaan yang lebih besar, diperlukan suatu sasaran , tujuan , visi, misi yang jelas .

            Untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan perusahaan , diperlukan adanyan tolak ukur apakah tujuan telah dircapai sesuai keinginan atau tidak. KPI berperan penting dalam menentukan pencapaian tersebut.

            Jika bagi perusahaan KPI adalah alat ukur kinerja karyawan , maka bagi karyawan KPI adalah tujuan kerja yang harus dicapai . dengan adanya KPI tanggung jawab setiap karyawan akan menjadi lebih jelas dan perusahaan akan dengan mudah mengukur kinerja karyawan . hasil KPI dapat dijadikan bahan acuan untuk memberikan penghargaan atau punishment kepada karyawan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakai bersama antar pihak perusahaan dan karyawan .

            Beberapa faktor penentu keberhasilan KPI suatu perusahaan seperti kerja sama antara pimpinan dan karyawan , pengingkatan kinerja , membuat strategi yang solid .( A. Saraswati , 2017 ) .

 

 

 

SIMPULAN

                Berdasarkan hasil analisis Pentingnya Key Performance Indicator ( KPI ) sebagi tolak ukur evaluasi Kinerja Karyawan, dapat disimpulkan bahwa KPI merupakan alat ukur yang penting untuk tercapainya suatu tujaun perusahaan .

            KPI digunakan perusahaan untuk menentukan sejauh mana karyawan mencapai sasaran yang ditetapkan perusahaan , dan bagi karyawan KPI adalah suatu tanggung jawab yang harus dilaksanakan untuk kemajuan individu dan perusahaan .

            Proses penentuan KPI yang akan menjadi tolak ukur ditentukan dan dipilih oleh perusahaan sesuai dengan tujuan  , sasaran , visi , misi perusahaan dan harus disetujui oleh karyawan . KPI harus bersifat relevan , efisien , efektif dan terukur .

            Jika perusahaan tidak memiliki pengukuran kinerja , hal tersebut dapat berdampak buruk bagi perusahaan karna tidak adanya bahan evaluasi untuk memperbaiki kinerja perusahaab terutama pada bagian sumber daya manusia .

               

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Soemohadiwidjojo, A. T. (2015). Panduan Praktis Menyusun KPI. Raih Asa Sukses.

Budiarto, A. S. (2017). KPI: Key Performance Indicator. Huta Publisher.

Manurung , Josua ( 2022 ) . 5 manfaat KPI untuk Kinerja Karyawan

Fatimah, Fajar Nur’aini Dwi. Panduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan. Anak Hebat Indonesia, 2017.

Saraswati, A. Step by Step Lancar Membuat KPI. Penerbit Genesis Learning, 2017.

Yeremia, Beni. "Teori Penilaian Pengukuran Kinerja Karyawan." Jurnal Pusdansi 2.4 (2023).

Adnin, Safira . ( 2023 ) .KPI ( Key Performance Indicator ) : Pengertian , Jenis , Contoh , dan Cara Membuatnya .

Dwinda , Anggita . ( 2021 ) . Kenapa KPI itu Penting  ?

Kanis, Tasya . ( 2022 ) . Key Performance Indicator ( KPI ) : Arti , Jenis dan Cara Membuatnya 

Akbar, Surya. "Analisa Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan." Jiaganis 3.1 (2018).

Kinanti, Winda Ayu, and Nunung Nurhasanah. "Usulan Perancangan Key Performance Indicator (KPI) dengan Konsep Green HRM menggunakan Perspektif Performance Prism dan Metode AHP pada Waris Cafe." Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi 5.2 (2019): 70-78.

Chantica, Jessy Angelliza, Regita Cahyani, and Achmad Romadhon. "Peranan Manajemen Pengawasan: Komitmen, Perencanaan, Kemampuan Karyawan (Literature Review Msdm)." Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3.3 (2022): 247-256.

 

 


Komentar